Senin, 05 Maret 2012

Sadari Dan Jawab Panggilan Tuhan

Pengantar

Kitab Injil Lukas menggambarkan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk bangsa Israel dan seluruh umat manusia. Yesus diutus Bapa-Nya untuk menyiarkan Injil kepada orang-orang miskin.

Kitab ini sangat menekankan hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah. Kitab Injil Lukas menekankan bahwa "Anak Manusia" datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Telaah Ayat

Lukas 14:21
Injil Kerajaan Allah ibarat suatu berita yang menjadi sebuah undangan untuk datang kepada "perjamuan besar" yang telah disediakan oleh Allah. Undangan itu ternyata tidak ditanggapi secara baik oleh orang-orang yang diundang, sehingga segala sesuatu yang sudah dipersiapkan tentunya akan menjadi sia-sia. Namun sang tuan yang empunya pesta perjamuan besar itu tidak ingin membuat segalanya menjadi sia-sia, karenanya ia mengundang semua gelandangan datang ke pestanya. Tentu untuk menikmati jamuan makanan dan minuman istimewa itu.

Perumpamaan ini merupakan peringatan kepada orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat lainnya agar mereka sadar, bahwa keselamatan dari Allah akan diambil daripada mereka dan diberikan kepada bangsa-bangsa lain.

Disini tampak jelas bahwa Injil telah didengar atau diterima oleh orang-orang yang tahu dan mengakui bahwa mereka adalah miskin dan berkekurangan, yaitu orang-orang yang mau menaruh harap hanya kepada Allah saja.

Lukas 14:22-23
Sosok "Hamba"dalam perumpamaan itu tampak begitu setia ketika disuruh oleh tuannya. Pertama ia disuruh menjumpai para undangan untuk mengingatkan mereka bahwa pesta perjamuan sudah akan dimulai. Tetapi jawaban yang ia terima adalah penolakan dengan berbagai dalih. Kedua, setelah diketahui bahwa masih ada tempat yang kosong di meja perjamuan yang besar itu, sang tuan kembali menyuruh hambanya itu untuk mencari orang-orang disegala jalan dan lorong kota untuk dibawa kerumah tuannya itu agar rumah tuannya itu penuh. Hamba ini menunjuk pada Yesus Kristus yang diutus Allah untuk memberitakan Injil keselamatan di lingkungan Israel (Yahudi) namun ia ditolak, kemudian ia merangkul orang-orang yang miskin dan rendah hati, yang berasal dari berbagai latar belakang suku bangsa untuk menerima keselamatan dari Allah Bapa-Nya itu.

Makna dari perumpamaan itu adalah bahwa keselamatan dari Allah telah meluas dari lingkungan bangsa Israel dan umat Yahudi kepada segala bangsa yang ada di dunia ini.

Lukas 14:24
Jadi sesungguhnya,pemberitaan Injil itu adalah sebuah "Undangan" yang penting untuk dipenuhi. Sebab "Undangan" itu berasal dari Allah sendiri.

Melalui perumpamaan ini, Yesus memberikan peringatan kepada orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat agar mereka sadar, bahwa keselamatan yang dari Allah akan diambil daripada mereka dan diberikan kepada bangsa-bangsa lain diluar keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Hal itu terjadi sebab mereka terlalu banyak "berdalih". Dengan demikian, berlakulah perkataan ini : "Orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dalam Kerajaan Allah" [Matius 19:30 | Matius 20:16 | Markus 10:31 | Lukas 13:30]

Pertanyaan Untuk Diskusi
  1. Kepada siapakah dan dimanakah Yesus mengungkapkan perumpamaan tentang orang-orang yang berdalih ini?.
  2. Apakah makna yang terkandung dalam perumpamaan tentang orang-orang yang berdalih ini?.
  3. Menurut saudara, siapakah sosok "hamba" yang dikisahkan dalam perumpamaan tersebut?.
  4. Sebutkan tujuan Yesus menyampaikan perumpamaan tersebut!.

Sabda Guna Dharma-Krida untuk Hari Rabu, 07 Maret 2012

Bacaan Alkitab Utama:

Lukas 14:21-24
  1. Maka kembalilah hamba itu dan menyampaikan semuanya itu kepada tuannya. Lalu murkalah tuan rumah itu dan berkata kepada hambanya: Pergilah dengan segera ke segala jalan dan lorong kota dan bawalah ke mari orang-orang miskin dan orang-orang cacat dan orang-orang buta dan orang-orang lumpuh.
  2. Kemudian hamba itu melaporkan: Tuan, apa yang tuan perintahkan itu sudah dilaksanakan, tetapi sekalipun demikian masih ada tempat.
  3. Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh.
  4. Sebab Aku berkata kepadamu: Tidak ada seorangpun dari orang-orang yang telah diundang itu akan menikmati jamuan-Ku.

Bacaan Alkitab Lainnya:

Matius 19:30
Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.

Matius 20:16
Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir.

Markus 10:31
Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.

Lukas 13:30
Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir.

Bacaan Alkitab Pararel:

Post: 05 Maret 2012 21:50

0 komentar:

Posting Komentar