Senin, 26 Maret 2012

Ditinggikan Pada Waktunya

Pengantar
Petrus adalah seorang rasul Yesus Kristus. Sebagai murid Yesus, ia dipilih Allah untuk memberitakan Injil, karenanya ia disebut rasul. Suratnya kepada jemaat-jemaat di Asia Kecil bagian utara dan timur (Pontus, Galatia, Kapadokia, Bitinia) bertujuan untuk menguatkan iman mereka.

Pemerintahan kekaisaran Romawi sebelumnya tidak menganiaya orang-orang Kristen namun setelah Domitianus berkuasa mulailah orang-orang Kristen dikejar-kejar. Itu terjadi sekitar tahun 81 bahkan juga sebelumnya oleh kaisar Nero pada tahun 64.

Pergumulan yang dihadapi oleh jemaat-jemaat Kristen ditanggapi serius oleh Petrus dengan mengirimkan surat kepada mereka. Kepada jemaat yang berkumpul dan beribadah dirumah-rumah. Petrus mengingatkan bahwa mereka akan banyak mengalami penderitaan. Karenanya jemaat diminta untuk meneladani Yesus yang siap sedia menanggung penderitaan. Yesus yang menderita bahkan mati dikayu salib pada akhirnya beroleh kemenangan lewat peristiwa kebangkitan-Nya. Lewat suratnya, Petrus menguatkan iman jemaat agar mereka bertahan dalam iman sekalipun didalam penderitaan. Pada waktunya Tuhan akan meninggikan mereka. Penderitaan yang dialami adalah pencobaan untuk menguji iman mereka yang pada akhirnya bertujuan agar mereka memperoleh puji-pujian, kemuliaan dan kehormatan (1Petrus 1:7).

Pendalaman Teks
Pasal 5:6-11 merupakan bagian yang utuh dari keseluruhan pasal 5 yang merupakan nasihat Petrus kepada para Penatua yang berada ditengah jemaat-jemaat di Asia Kecil. Mereka diminta untuk melayani jemaat dengan sebaik-baiknya melalui keteladanan dan cinta kasih. Pergumulan yang datang dari luar akan lebih mudah dihadapi apabila kondisi internal (di lingkungan sendiri) ada dalam keadaan yang baik. Yaitu apabila kasih dan damai bertumbuh didalam kehidupan keluarga dan persekutuan jemaat (1Petrus 3:8-12).

Ayat 6 : kesediaan untuk merendahkan diri dihadapan Tuhan akan membuat seseorang mau bersikap rendah hati dihadapan sesama. Tuhan Yesus katakan : orang yang merendahkan diri akan ditinggikan (Matius 23:12).

Ayat 7 : merendahkan diri dihadapan Tuhan hendaknya dinyatakan dengan hidup mengandalkan Tuhan. Menyerahkan kekuatiran kita kepada-Nya adalah bentuk merendahkan diri pada Tuhan dan keyakinan percaya akan kuasa-Nya yang memelihara kita.

Ayat 8-9 : kita harus selalu waspada atas berbagai tantangan hidup yang dapat muncul kapan saja, dimana saja dan yang datang dari siapa saja. Apabila tantangan itu muncul jangan lari!. Ia harus dihadapi tetapi jangan dengan kekuatan kita sendiri. Lawanlah dia dengan kekuatan yang dari Tuhan.

Ayat 10-11 : iman kepada Yesus Kristus akan mendatangkan pertolongan Allah sekalipun penderitaan harus dialami juga. Tetapi Ia akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengkokohkan kita oleh kuasa dan kemuliaan-Nya. Pada saatnya Ia akan meninggikan kita.

Pokok-Pokok Diskusi
  1. Percakapkanlah pengalaman iman saudara ketika mengalami tantangan atas iman saudara. Bagaimana saudara menghadapinya dan apa yang saudara lakukan untuk mengatasinya.
  2. Apakah saudara memetik pelajaran iman atas tantangan yang pernah saudara hadapi?. Percakapkanlah dengan mengingat penjelasan pada ayat 6 dan 7 diatas.
  3. Bagaimana saudara menyikapi perjalanan hidup kedepan, mengantisipasi kemungkinan munculnya tantangan baru?. Percakapkanlah berdasarkan penjelasan ayat 8-9 dan ayat 10-11 diatas.
Sabda Guna Dharma-Krida untuk Hari Rabu, 28 Maret 2012

Bacaan Alkitab Utama:
1Petrus 5:6-11
  1. Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.
  2. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
  3. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
  4. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.
  5. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.
  6. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.
Bacaan Alkitab Lainnya:
1Petrus 1:7
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

1Petrus 3:8-12
  1. Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,
  2. dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:
  3. Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
  4. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.
  5. Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."
Matius 23:12
Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.


Bacaan Alkitab Pararel:

Post: 26 Maret 2012 16:56

0 komentar:

Posting Komentar