Senin, 05 Desember 2011

Bersiaplah Karena Hari Tuhan Akan Datang

Pengantar
Surat 2Petrus ini ditujukan kepada seluruh umat Kristen pada zaman Gereja mula-mula. Surat ini ditulis terutama untuk menentang pekerjaan guru-guru palsu yang membawa ajaran yang sesat dan juga untuk memberantas perbuatan-perbuatan tak patut yang dihasilkan oleh ajaran guru-guru itu.
Supaya jemaat tidak dipengaruhi oleh ajaran-ajaran itu, mereka harus berpegang pada ajaran yang benar tentang Allah dan tentang Yesus Kristus - yaitu ajaran yang disampaikan oleh orang-orang yang telah menyaksikan dan mendengar sendiri ajaran Yesus, yaitu para Rasul - termasuk Petrus. 
Yang terutama dirisaukan dalam surat ini ialah ajaran dari guru-guru palsu bahwa Kristus tidak akan datang lagi untuk kedua kalinya. Surat ini menerangkan bahwa kedatangan Kristus itu nampaknya lambat karena Allah tidak mau seorang pun binasa. Ia ingin supaya semua orang bertobat dari dosa-dosanya.
Rasul Petrus berdukacita atas perkembangan buruk yang terjadi pada waktu itu dalam beberapa jemaat. Ia juga merasa bahwa tidak lama lagi ia akan meninggal dunia (2Petrus 1:14). Kematian Petrus terjadi kira-kira tahun 68 AD (Anno Domini). Oleh sebab itu inilah pesan-pesannya yang penting, bukan hanya bagi jemaat pada masanya tetapi juga bagi Gereja Tuhan di sepanjang masa, yang menghadapi pergumulan yang sama, termasuk kita yang hidup di masa kini.

Telaah Ayat
Ayat 8: (lihat Bacaan Alkitab Utama di bawah).
* Allah mengingat perjanjian-Nya dan Ia akan menyatakan kuasa-Nya pada waktu-Nya. Waktu Tuhan tidak sama dengan waktu manusia. Waktu bukanlah merupakan kunci utama bagi Allah untuk menyatakan kasih-Nya kepada manusia. Jika Allah masih menangguhkan penghukuman-Nya atas orang-orang fasik, itu karena kasih-Nya. Ia masih membuka pintu pertobatan selama mungkin agar orang-orang yang fasik bertobat dan kembali kepada-Nya. Hal ini tidak boleh dilupakan oleh jemaat, demikian pesan rasul Petrus dalam ayat 8 ini : "Yang satu ini tidak boleh kamu lupakan" ...

Ayat 9: (lihat Bacaan Alkitab Utama di bawah).
* Ayat 9 kembali menegaskan apa yang diungkapkan dalam ayat 8 bahwa Tuhan Yesus tidak pernah melupakan janji-Nya kepada umat-Nya untuk datang kembali menjemput umat yang dikasihi-Nya itu. Ajaran ini pun ingin dilenyapkan dari hati dan pikiran jemaat oleh para guru palsu itu, agar jemaat kehilangan pengharapan dan percaya kepada hal-hal yang lain.

Ayat 10: (lihat Bacaan Alkitab Utama di bawah).
* Bahwa hari Tuhan itu pasti akan datang tetapi tidak seorang pun yang mengetahui kapan hal itu akan berlangsung sebab semua itu merupakan "rahasia Allah". Hari Tuhan menyatakan kuasa dan penghakiman-Nya akan datang secara tiba-tiba, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebutan "hari Tuhan akan tiba seperti pencuri" mengacu pada perkataan Tuhan Yesus dalam Matius 24:42-43, hal ini jugalah yang sangat ditekankan pada zaman Gereja mula-mula (bandingkan juga 1Tesalonika 5:2; Wahyu 3:3; Wahyu 16:15). Disamping itu, sebutan "langit akan lenyap" - seperti dikemukakan oleh Tuhan Yesus dalam Markus 13:31 menunjukkan bahwa segala hal itu memang akan terjadi tetapi kapan hal itu terjadi merupakan "rahasia" dari Allah sendiri, tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Oleh sebab waktunya tidak ada yang tahu, maka jemaat hendaknya dapat menggunakan waktu yang masih ada ini dengan sebaik-baiknya untuk menata diri menyambut kedatangan Tuhan.

Untuk Direnungkan
Masa penantian kedatangan Kristus kembali inilah yang merupakan masa Adven yang sesungguhnya. Sudahkah saudara dan saya mempersiapkan diri menyongsong kedatangan-Nya ???

Pertanyaan Untuk Diskusi
1. Siapakah penulis surat 2Petrus ini?
2. Apakah tujuan si penulis menulis surat ini?
3. Menurut saudara, apakah yang menjadi pesan penting dari surat ini bagi Gereja Tuhan pada umumnya (di sepanjang sejarah) dan khususnya bagi kita selaku Gereja-Nya di masa kini?

Sabda Guna Dharma-Krida untuk Hari Rabu, 07 Desember 2011

Bacaan Alkitab Utama:

2Petrus 3:8-10
8. Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
9. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
10. Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Bacaan Alkitab Lainnya:

2Petrus 1:14
Sebab aku tahu, bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Matius 24:42-43 
42. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.
 
43. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 

1Tesalonika 5:2
karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.
 
Wahyu 3:3
Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.
 
Wahyu 16:15
Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.

Markus 13:31
Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

0 komentar:

Posting Komentar